Tips Mendesain Interior Ruang Keluarga

Desain interior ruang keluarga seperti yang kita ketahui sangatlah identik sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Tapi tidak terbatas pula bahwa ruang keluarga sebagai pusat berbagai kegiatan, terutama untuk masyarakat perkotaan. Selain sebagai ruang berkumpul anggota keluarga, ruangan ini juga sesekali sebagai ruang tamu, ruang bermain anak-anak, area baca, bahkan untuk ruang belajar anak dan teman-temannya. Karena ruang keluarga merupakan tempat berkumpul banyak orang, maka ruang keluarga sebisa mungkin dibikin senyamannya untuk berbagai kegiatan.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mendukung kenyamanan tersebut sebagai berikut

Pemilihan furnitur

Supaya bisa berfungsi maksimal, maka pilihlah furnitur yang tepat. Misalnya seperti sofa berbentuk L yang empuk bisa menjadi furnitur utama. Memilih bentuk sofa L supaya bisa menampung lebih banyak orang. Tetapi bilamana ruangan Anda tidak cukup besar untuk meletakkan sofa L, maka sofa dua dudukan (loveseat) juga bisa dijadikan alternatif pilihan. Dari segi ilmu interior, ruang keluarga perlu diterapkan tata interior yang tepat agar fungsi ruang lebih maksimal.

Karpet untuk mendukung kenyamanan

Tujuan dari penyediaan karpet adalah sebagai area bagi anak-anak dan teman-temannya berkumpul dan bermain. Kita bisa saja memilih karpet berukuran besar, sehingga selain menjadi pemanis ruang keluarga, karpet juga berfungsi sebagai area bermain, area duduk maupun rebahan.

Pencahayaan ruangan

Siapkanlah pencahayaan yang memadai. Penerangan menyeluruh untuk menerangi disesuaikan dengan ruangan, dan bila memungkinkan maka perlu ditambahkan penerangan khusus untuk menciptakan mood pada ruangan yang bisa diubah atau disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Pemilihan televisi

Bicara soal desain interior ruang keluarga tidak lepas dari display televisi sebagai pendukung dari ruang tersebut. Desain display televisi sekarang banyak sekali ragamnya. Kalau kita mengamati tren model display televisi sekarang kebanyakan menggunakan sistem gantung dengan model televisi flat atau LED. Maka desainnya pun mengikuti dengan display televisi yang menempel di dinding pula.

Penambahan ornament

Terkadang ada sudut dinding tertentu yang ingin kita percantik dengan wallpaper, tujuan dari penggunaan wallpaper disini sebagai point of interest dalam ruang tersebut. Tidak lupa ornament lainnya adalah koleksi foto keluarga yang di bingkai dengan pigura minimalis dengan penataan pigura susunan random.

Pemilihan warna

Warna dinding pada desain interior ruang keluarga harus sesuai dengan tema yang akan dimunculkan, sebisa mungkin jika ruang keluarga yang tidak banyak bukaan jendelanya pilihlah cat dinding yang rada terang, supaya suasana dalam ruang tersebut tidak terkesan lembab.

Ruang keluarga merupakan jantung dari sebuah rumah, maka sebisa mungkin ruangan ini di tata senyaman dan semaksimal mungkin dengan tetep memperhatikan aspek-aspek interior yang ada. Jika ingin memaksimalkan desain interior ruang keluarga Anda, tidak ada salahnya menggunakan jasa desain interior ruang keluarga yang berpengalaman di bidangnya.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Tips dan Trik Mendesain Ruang Keluarga, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di Pekalongan, Batang dan Pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share

Compare